This blog contains any articles relate to researches for students of Teacher Training and Education in English Department or FKIP Bahasa Inggris. Hopefully, this blog will be useful for all of us.
Ari Julianto says:
You may copy and share the contents in my blog, but please cite my blog address as your reference. I only accept the comments that relate to the postings in this blog. For private and personal issues, you may contact me at
mr.ari69@gmail.com
Model Penilaian Menulis (Writing Assessment Models)
Model Penilaian Menulis (Writing Assessment Models)
Written by Ari Julianto
Mengenai hakikat menulis, Hyland (2003) mengatakan bahwa menulis adalah cara menyampaikan, mengungkapkan perasaan dan berbagi pengalaman penulis kepada pembaca dengan menggunakan bahasa tulis. Sejalan dengan itu, Reid (1987) mengatakan menulis adalah suatu proses untuk mengungkapkan ide, pikiran dan perasaan atau pengalaman penulis dengan menggunakan sistem yang konvensional sehingga pembaca memahami pesan yang dikirim. Sedangkan penilaian (assessment) merujuk pada berbagai cara yang digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang kemampuan dan hasil belajar yang telah dicapai.
Dalam kaitannya dengan metode penilaian, Brown (2007) menguraikan ada tiga cara utama dalam penilaian menulis yaitu
1. secara holistic (holistic scoring),
2. analytic scoring method, dan
3. triat based scoring method
Namun dia mengajukan pada hakikatnya ada dua metode utama dalam penilaian sebuah tulisan yang biasa digunakan oleh penilai yaitu metode analytic dan holistic.
Glass (2005) menguraikan ada lima komponen yang harus dinilai dalam sebuah tulisan. Kelima komponen tersebut adalah
1. idea atau contents,
2. organization,
3. word choice,
4. sentence fluency, dan
5. conventions.
Selain itu, setiap bobot memiliki gradasi dan kualitas penilaian atau kategori seperti misalnya excellent to very good, good to average, fair to poor, dan inadequate.
Heaton (1989) juga menilai lima komponen menulis dengan istilah
1.isi,
2.organisasi,
3.kosa kata,
4.tatabahasa, dan
5.mekanik.
Kelima komponen tersebut diberi nilai maksimal masing-masing 30 untuk isi, 20 untuk organisasi,kosa kata 20, tata bahasa 25, dan mekanik 5. Perbedaan skor maksimal untuk setiap aspek atau komponen menulis tergantung pada bobot, peranan, dan kontribusinya dalam menulis secara keseluruhan.
Ketiga model penilaian menulis tersebut secara lengkapnya sebagai berikut:
I. Model Penilaian Menulis Menurut Brown
1. Komponen Penilian: Isi
Deskripsi: Pernyataan thesis, ide-ide terkait, pengembangan ide-ide melalui pengalaman, ilustrasi, fakta, pendapat; penggunaan deskripsi, sebab akibat, perbandingan dan konsistensi fokus.
Skala Penilaian: 0 – 24
2. Komponen Penilian:organisasi
Deskripsi:Efektivitas pendahuluan, urutan ide yang logis dan kronologis, kesesuaian dan kesimpulan.
Skala Penilaian:0 – 20
3. Komponen Penilian:Sintaksis
Deskripsi:Bagaimana kata-kata disusun menjadi kalimat.
Skala Penilaian:0 – 12
4. Komponen Penilian:Kosa kata
Deskripsi:Pemilihan kata-kata yang tepat untuk mengembangkan dan menunjukkan ide.
Skala Penilaian:0 – 12
5. Komponen Penilian:Mekanik
Deskripsi:Ejaan, tanda baca, kutipan referensi bila ada, kerapihan dan perwajahan atau penampilan
Skala Penilaian:0 – 12
II. Model Penilaian Menulis Menurut Glass
1. Komponen Penilian:Ide dan Isi
Deskripsi:Ide, topik atau tema, focus,fakta dan ilustrasi tulisan.
Skor 5
Satu ide yang jelas, fokus dan sesuai topik
Semua detail konkret dan spesifik untuk mendukung ide.
Banyak detail yang menarik dan asli untuk mendukung ide.
Semua bagian-bagian terintegrasi dan sesuai.
Skor 4
Satu ide yang jelas, fokus dan sesuai topik
Adanya detail yang konkret dan spesifik
Detail yang menarik untuk mendukung ide
Semua bagian-bagian terintegrasi dan sesuai
Skor 3
Secara umum sesuai topik dan mengembangkan tema atau pesan yang jelas
Beberapa konkret dan detail, dan beberap masih bersifat umum
Beberapa detail pendukung bersifat prediksi dan sebagian bersifat umum
Mungkin ada bagian yang kurang sesuai
Skor 2
Banyak teks bersifat mengulang dan seperti kumpulan ide yang tidak berhubungan
Kurang detail khusus dan banyak yang umum
Detail yang bersifat prediksi dan sketchy
Skor 1
Tidak fokus, benar-benar keluar dari ide, hal yang tidak teridentifikasi, panjang dan tidak cukup dikembangkan
Detail tidak konsisten, tidak jelas, atau trivial
2. Komponen Penilian: Organisasi
Deskripsi:Struktur fisik, atau rhetorical structure, urutan kronologis, koherensi, kesimpulandan layout tulisan
Skor 5
Pembukaan jelas dan menarik pembaca
Susunan paragraph, kalimat topik, jelas dan konsisten, pendukung yang relevan, dan kalimat kesimpulan yang jelas. Urutan yang logis dan efektif.
Penggunaan transisi yang yang konsisten, tepat, dan sesuai.
Skor 4
Pembukaan menarik pembaca
Setiap paragraf dienden denan konsisten
Sebagian besar ide berhubungan secara logis
Akhir yang efektif
Penggunaan transisi yang sesuai
Skor 3
Pembukaan yang efektif tetapi tidak menciptakan sense yang kuat
Semua bagian paragraf biasanya benar, kecuali satu dua yang tidak sesuai
Mencoba menggunakan hubungan yang logis
Mencoba menggunakan akhir yang efektif
Beberapa transisi masih ada yang kurang sesuai
Skor 2
Pembukaan yang lemah
Struktur paragraf cenderung kurang sesuai seperti indensi
Keterhubungan yang kurang logis
Akhir yang lemah
Hanya sedikit penggunaan transisi yang benar
Skor 1
Awal yang tidak jelas
Kurangnya pengorganisasian secara umum
Urutan dan detail tidak beraturan
Akhir yang tidak sesuai
Tidak menggunakan transisi
3. Komponen Penilian:Kosa Kata
Deskripsi:Variasi dan jenis kalimat, efesiensi dan efektivitas kalimat
Skor 5
Semua ditulis dengan kalimat lengkap tidak ada run-on
Menggunakan variasi kalimat secara konsisten (complex, compound, dan simple)
Menggunakan varaisi kalimat awal yang konsisten, bertujuan dan kreatif
Menggunakan konsisten, sesuai, dan shopisticated transisi antar kalimat
Skor 4
Mungkin ada satu fragment dan run-on
Biasanya variasi tipe-tipe kalimat
Sebagian besar kalimat memiliki awal yang bervariasi
Menggunakan transisi yang sesuai
Skor 3
Mungkin ada dua fragment dan run on
Kadang-kadang menggunakan kalimat yang bervariasi
Beberapa variasi pada bagaian awal kalimat
Beberapa menggunakan transisi yang benar
Skor 2
Tulisan memilik banyak fragment dan run-on
Hanya menggunakan kalimat simple dan compound
Sedikit variasi di awal kalimat
Sedikit menggunakan transisi yang sesuai
Skor 1
Tidak ada sense penggunakan tanda baca dan kalimat
Hanya kalimat simple dan fragments
Semua kalimat memiliki awal yang sama
Transisis hampir tidak ada
4. Komponen Penilian:Kalimat
Deskripsi:Variasi dan jenis kalimat, efesiensi dan efektivitas kalimat.
Skor 5
Semua ditulis dengan kalimat lengkap tidak ada run-on
Menggunakan variasi kalimat secara konsisten (complex, compound, dan simple)
Menggunakan varaisi kalimat awal yang konsisten, bertujuan dan kreatif
Menggunakan konsisten, sesuai, dan shopisticated transisi antar kalimat
Skor 4
Mungkin ada satu fragment dan run-on
Biasanya variasi tipe-tipe kalimat
Sebagian besar kalimat memiliki awal yang bervariasi
Menggunakan transisi yang sesuai
Skor 3
Mungkin ada dua fragment dan run on
Kadang-kadang menggunakan kalimat yang bervariasi
Beberapa variasi pada bagaian awal kalimat
Beberapa menggunakan transisi yang benar
Skor 2
Tulisan memilik banyak fragment dan run-on
Hanya menggunakan kalimat simple dan compound
Sedikit variasi di awal kalimat
Sedikit menggunakan transisi yang sesuai
Skor 1
Tidak ada sense penggunakan tanda baca dan kalimat
Hanya kalimat simple dan fragments
Semua kalimat memiliki awal yang sama
Transisis hampir tidak ada
5. Komponen Penilian:Konvensi
Deskripsi:Ejaan, tanda baca, kutipan referensi bila ada, konvensi dan kebersihan dan kerapian.
Skor 5
Pengejaan yang benar walaupun kata yang sulit
Tanda baca yang akurat, kreatif dan membimbing pembaca
Pemahaman yang lengkap dan penerapan yang konsisten tentang kapitalisasi Grammar dan usage benar dan berkontribusi pada kejelasan dan style
Semua legible dan bersih.
Skor 4
Pengejaan secara umum benar
Tanca baca secara umum benar
Kapitaliasi secara umum benar
Grammar dan usage benar
Secara umum legible dan bersih
Skor 3
Beberap kata salah eja
Biasanya tanda baca benar
Kapitalisasi biasanya benar
Grammar dan usage biasanya benar
Tulisan agak legible dan paper agak bersih
Skor 2
Sering kesalahan dalam ejaan
Banyak tanda baca yang salah
Banyak kapitalisasi yang salah
Grammar dan usage sering salah
Tulisan yang ilegible membuat pembaca stumle dan messy
Skor 1
Tulisan terlalu sulti dibaca, dipahami dan diinterpretasikan karena banyak kesalahan spelling
Tanda baca tidak ada
Penggunaan kapitalisasi yang berulang
Grammar dan usage hampir salah semua
Illegible, beyond messy, pembaca tidak dapat decipher teks.
III. Model Penilaian Menulis Menurut Heaton
1. Komponen Penilian: Isi
Deskripsi:Ide, topik atau tema, focus, fakta dan ilustrasi tulisan.
Skala Skor:30 – 27
Kategori:Sempurna ke sangat baik
Kriteria:Penguasaan pengetahuan secara substansial
Skala Skor:26 – 22
Kategori:Baik ke rata-rata
Kriteria:Penguasaan beberapa pengetahuan yang memadai tentang substansi.
Skala Skor:21 – 17
Kategori:Cukup ke lemah/kurang
Kriteria:Penguasaan pengetahuan yang terbatas mengenai topik atau isi
Skala Skor:16 – 13
Kategori:Sangat kurang atau lemah
Kriteria:Penguasaan pengetauan tentang topik dan substansi sangat kurang.
2. Komponen Penilian: Organisasi
Deskripsi:Struktur fisik, atau rhetorical structure, urutan kronologis, koherensi, kesimpulan dan layout tulisan.
Skala Skor:20 – 18
Kategori:Sempurna ke sangat baik
Kriteria:Pengungkapan ide-ide secara jelas dan lancar dituliskan
Skala Skor:17 – 14
Kategori:Baik ke rata-rata
Kriteria:Agak kurang terorganisasi namun ide utama tetap fokus
Skala Skor:13 – 10
Kategori:Cukup ke lemah/kurang
Kriteria:Tidak lancar atau kadang-kadang ide membingungkan dan cenderung tidak nyambung
Skala Skor:9 – 7
Kategori:Sangat kurang atau lemah
Kriteria:Ide tidak terkomunikasi dan tidak bermakna- dan tidak terorganisir
3. Komponen Penilian: Kosa Kata
Deskripsi:Substansi kosa kata, pilihan kata, dan register.
Skala Skor:20 – 18
Kategori:Sempurna ke sangat baik
Kriteria:Penggunaan dan pemilihan kata/idiom/frase tepat, sesuai dan efektif
Skala Skor:17 – 14
Kategori:Baik ke rata-rata
Kriteria:Sekali-sekali muncul kesalah bentuk kata /frase/idiom, pemilihan kata dan penggunaanya namun tidak mempengaruhi makna secara esensial
Skala Skor:13 – 10
Kategori:Cukup ke lemah/kurang
Kriteria:Sering kali muncul kesalahan bentuk kata/frase/idiom dan pilihan kata dan penggunaanya
Skala Skor:9 – 7
Kategori:Sangat kurang atau lemah
Kriteria:Pada prinsipnya cenderung bersifat menerjemahkan dan pilihan kata dan penggunaannya kurang memadai
4. Komponen Penilian: Tata Bahasa
Deskripsi:Variasi dan jenis kalimat, efesiensi dan efektivita.
Skala Skor:25 – 22
Kategori:Sempurna ke sangat baik
Kriteria:Penggunaan kalimat kompleks yang benar dan efektif
Skala Skor:21 – 19
Kategori:Baik ke rata-rata
Kriteria:Efektif penggunaanya namun konstruksinya cenderung sederhana
Skala Skor:18 – 11
Kategori:Cukup ke lemah/kurang
Kriteria:Ada banyak masalah dalam konstruksi kalimat
Skala Skor:10 – 5
Kategori:Sangat kurang atau lemah
Kriteria:Penggunaan konstruksi kalimat benar-benar kurang sesuai
5. Komponen Penilian: Mekanik
Deskripsi:Ejaan, tanda baca, kutipan referensi bila ada, konvensi, kebersihan dan kerapian.
Skala Skor:5
Kategori:Sempurna ke sangat baik
Kriteria:Menguasai konvensi menulis, ejaan dan tanda baca, serta kapitalisasi dengan sangat baik
Skala Skor:4
Kategori:Baik ke rata-rata
Kriteria:Kadang-kadang terjadi kesalahan dalam penggunaan konvensi menulis, ejaan dan tanda baca serta kapitalisasi
Skala Skor:3
Kategori:Cukup ke lemah/kurang
Kriteria:Sering terjadi kesalahan dalam penggunaan konvensi menulis, ejaan dan tanda baca serta kapitalisasi
Skala Skor:2
Kategori:Sangat kurang atau lemah
Kriteria:Tidak ada penguasaan konvensi menulis, dan banyak kesalah dalam ejaan dan tanda baca serta kapitalisasi
Semoga postingan kali ini bermanfaat bagi kita semua. Amien
Referensi
Brown, H. Douglas. 2007.Teaching by Principles: An Interactive Approch to Language Pedagogy. San Fransisco: Pearson Longman..
Glass, Kathy Tuchman.2005.Curriculum Design for Writing Instruction. California: Corwin Press.
Heaton, J.B. 1989. Writing English Language Test. New York: Longman Group UK.
Heaton,1989) dalam dalam Tahrun. Model Pembelajaran Menulis Narasi Dalam Bahasa Inggris Bagi Siswa SMA Kelas X Palembang (Jakarta: Laporan Disertasi, 2010.
Hyland, Ken. 2003. Second Language Writing. London: Cambridge University Press.
Reid. M. Joy. 1987. Teaching ESL Writing. Wyoming: Prentice Hall Regent.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
artikel yg bagus pak.
BalasHapusapakah sumber buku tersebut ada yg tersedia dalam bentuk file pdf pak?
krn sulit sekali mendapatkan buku2 tsb di daerah saya.
trims...
Dear Din,
HapusMemang ini yang menjadi kendala bagi kita semua dalam pembelajaran. Media kertas (buku) sangat mahal dan sulit diperoleh, sementara ilmu terus megalami perkembangan bahkan Oxford English Dictionary sudah dihentikan untuk cetakan kertas. Alhamdulillah saya memiliki format PDF nya. Silakan kontak saya via email. Jika filenya besar, saya kesulitan untuk mem-uploadnya untuk Anda. Tapi solusi lain, saya akan berikan link download gratisnya untuk Anda. Trims kembali.
Dear Pak Ari, selwmat malam, apakah bapak berkenan share pdf file ke saya juga? Saat ini saya sdg sangat membutuhkan, mohon bantuan utk dpt berbagi ke alamat email saya anitadarmawan.ad@gmail.com. terimakasih banyak sudah berkenan membantu
Hapusartikel yang sangat bagus pak, informasinya juga mendukung banget pak. kalau boleh, bisakah saya mendapatkan referensi-referensi nya pak via email? silahkan kirim ke email saya eko.ragil06@gmail.com
Hapusartikelnya sangat membantu, kalau boleh saya minta filenya pak. ini email saya indra.bunyani@gmail.com
BalasHapusThanks a lot...silakan copy artikel saya....semuanya itu hasil rangkuman dari referensi yang dapat ditemukan di bawah artikel saya...
Hapussalam Pak Ari...
Hapussaya kemil wachidah, saya sangat senang karena bsa mendaptkan blog pak ari yang membahas tentang model assesment writing, saya ingin sekali mendaptkn refrensi2 dari buku yang ttertera di artikel pak ari seperti Glass, Kathy Tuchman.2005.Curriculum Design for Writing Instruction. California: Corwin Press dan Heaton, J.B. 1989. Writing English Language Test. New York: Longman Group UK. karena saya sedang menyelseikan tesis saya dan saya mohon bantuan pak ari untuk berkenan memberikan pdf nya jika ada.
terimakasih
Referensinya sudah saya lampirkan via email...good luck!!!
HapusPak Ari saya ada tugas tentang Language Assessment. Saya sangat membutuhkan refernsi bahan dari Glass. Jika berkenan mohon bantuannya pak untuk mengirimkan pdf nya ke email saya
Hapuspak Ari.. saya sangat terbantu dengan artikel ini.
BalasHapuskl bapak berkenan, apa saya boleh minta referensi format pdfnya?
kl bapak berkenan, mohon kirimkan ke (emailsaya.enna@yahoo.com)
terimakasih pak
Selamat pagi Pak Ari. bolehkah saya minta file buku yang jadi sumber referensi bapak? karna saya membutuhkannya untuk menulis proposal saya. jika bapak berkenan, bapak dapat mengirimkannya untuk saya ke email saya (anindita13610@yahoo.com). terima kasih.
BalasHapusSialakan request via email saya...Insya Allah akan dikirim file atau link nya..
HapusArtikel ini sangat membantu Mohon di kirim pdf nya yaa pak trimakasih
Hapuspak saya senang membaca artikel ini dan mohon kirim pdfnya ke email saya deviagastutik@gmsil.com
BalasHapuskrn ini lagi skripsi .. btuh smua buku tntg writing . trimakasih bapak ari
saya sangat senang menemukan dan membaca artikel bapak ini karena saya sedang melakukan penelitian tugas akhir ttg writing. Bolehkah saya medapat pdf refrensi tsb?
BalasHapusemail : andriwife@gmail.com
terimakasih byk pak Ari atas bantuannya
Pak ari, artikel bapak bagus sekali, saya senang dan suka membacanya, bolehkah saya mintak file referense nya yg pdf pak,
BalasHapusEmail : rahmidamarbun@gmail.com
Terimakasih bnyak pak ari, atas bantuannya.
Silakan hubungi saya via email....Insya Allah akan diberikan filenya atau link yang bisa didownload.....
BalasHapuspak saya mau juga satu tapi apakah rubrik ini ada versi inggrisnya?
Hapuspak bolehkah saya minta file ttg writing , soalnya sangat saya butuhkan untuk referensi thesis saya, thanks before.
BalasHapusemail : nia.bcf@gmail.com
http://skripsi-fkip-inggris.blogspot.co.id/2013/11/model-penilaian-menulis-writing.html
BalasHapussetahu saya untuk buku Brown hanya ada 5 aspek sja :
BalasHapusContent, Organization, Vocabulary, Syntax, dan Mechanics
Dear Kara Yunie..... Anda benar... terselip satu teori pada Doughlas....Insya Allah akan saya edit. Thank you very much.
HapusSaya sedang mencari theory ttg writing assessment, alhamdulillah ketemu artikel bapa ini, sangat membantu.Kalau boleh saya mau minta pdf buku glass, keith utk kebutuhan skripsi saya. Email: ira_yuliani30@ymail.com. thanks a lot.
BalasHapusSaya sedang mengerjakan proposal dan membutuhkan pdf dari Kathy Tuchman Glass dengan bukunya Curriculum Design for Writing Instruction, untuk writing assessment. Kalau boleh, saya meminta pdf nya. Terima kasih banyak Pak. Email saya aghniaamanahsaripriyadie@gmail.com
BalasHapusPak... terima Kasih artikelnya sangat membantu saya, saya ingin memeinta pdf yang glass boleh? Tapi saya tidak tahu email bapa? Email saya ini pak : lia980081@gmail.com .. terima kasih sebelumnya pak
BalasHapusSaya sedang menyelesaikan skripsi saya pak, semoga bapak berkenan membantu :)
BalasHapusArtikelnya sangat membantu pak, dalam tahap penyusunan skripsi...
BalasHapussaya bisa minta PDF yang glass ka pak, sebagai bahan referensi
ini E-Mail saya
gtgayatri2@gmail.com
Malam Pak Ari, kalau berkenan saya minta file pdf yang "Curriculum Design for Writing Instruction" karya Glass Pak buat bahan referensi skripsi saya. Saya lg menyusun skripsi bhs inggris dan hrs buat Analitycal Score Method nya Pak. Alamat E-mail saya: kurniawan.arsyaarif.arif@gmail.com
BalasHapusTerima kasih Pak Ari sebelum dan sesudahnya.
Assalamualaikum pak Ari,
BalasHapusSaya mahasiswa bahasa inggris, sekarang sedang menyelesaikan skripsi saya. Jika bapak berkenan saya minta file pdf Kathy Tuchman Glass dengan bukunya Curriculum Design for Writing Instruction. Ini alamat email saya pak: rini.andriani241@gmail.com
Mohon bantuannya pak. Terima kasih pak Ari.
Wassalamualaikum.
Dear Arif dan Rini, dengan sangat menyesal saya tidak bisa memberikan buku yang kalian cari dalam bentuk pdf...hingga kini saya masih hunting buku tersebut. Sedangkan saya hanya punya buku paper itupun copyan...demikian semoga sukses...
BalasHapusAssalamu'alaikum Pak Ari..
BalasHapusTerimakasih atas artikelnya yang sangat bermanfaat :-). Pak, bolehkah saya minta file dalam bentuk pdf nya untuk buku:
Brown, H. Douglas. 2007.Teaching by Principles: An Interactive Approch to Language Pedagogy. San Fransisco: Pearson Longman.
Glass, Kathy Tuchman.2005.Curriculum Design for Writing Instruction. California: Corwin Press.
Heaton, J.B. 1989. Writing English Language Test. New York: Longman Group UK
Jika diijinkan, bisa dikirimkan melalui email: ofah.munadz@gmail.com
Thanks in advance pak..
k bolehkah saya minta file ttg writing , soalnya sangat saya butuhkan untuk referensi thesis saya, thanks before.
BalasHapusemail : wulandarirafika1@gmail.com
Wah sangat membantu sekali pak. Penjelasannya straight to the point tapi tetap jelas dan mudah dipahami :D. Saya boleh minta link download/filenya pak? Untuk buku-buku bentuk pdf Brown, Glass, dan Heaton. Terima kasih pak sebelumnya...
BalasHapusYou are most welcome
HapusPak bila diijinkan saya mau buku dalam bentuk filenya atau link nya
HapusTerimakasih sebelumnya
Silakan contact my email
Hapusmr.ari69@gmail.com
Selamat siang Mas Ari, jika berkenan. Saya meminta file PDF untuk buku-buku refrensi diatas untuk skripsi saya. Semoga bisa membantu.
BalasHapusnesadiant@gmail.com
Matur nuwun
Assalamualaikum pak ari.. Mohon maaf, saya juga ikut merepotkan berkenaan dengan referensi yg tertera jika di perbolehkan dan tidak memberatkan pak ari, saya ingin meminta softfile nya pak untuk kelengkapan referensi skripsi saya. Ini e-mail saya maeyanicha@gmail.com
BalasHapusTerimakasih sebelum nya 🙏🙏🙏
BalasHapusTerima Kasih k, artikel2 nya sangat membantu, izin copas ya k
BalasHapusPak saya boleh minta soft file referensi nya ga pak? Utk skripsi saya🙏
BalasHapusIni email saya, rahmatunnisa1996@gmail.com
Assalamualaikum
BalasHapusPak saya mahasiswa semester akhir yang sedang membutuhkan referensi untuk menunjang skripsi saya..boleh kah saya minta soft file referensi nya ?
Email saya : ariyanafitriani@gmail.com
assalamualikum pak ari, saya mahasiswa semester akhir yang sedang membutuhkan referensi untuk skripsi saya. apabila pak ari berkenan boleh saya minta softfilenya ini pak ? terimakasih pak
BalasHapusini email saya : maulidifi@gmail.com
assalamualaikum warahmatullahi wabarakhatu pak ari, saya mahasiswa asal luwuk banggai dan sekarang sya sedang menyelesaikan skripsi saya ,saya bersyukur menemukan blog bapak ,apa boleh saya minta filenya .ini email saya pak ibnu.umair3112@gmail.com
BalasHapusSelamat siang Pak Ari, saya mahasiswa akhir yang sedang menulis thesis.saya sangat berharap bapak kirimkan pdf writing assessment ke email saya
BalasHapusArdiansyahrizki28126@gmail.com.
Pak, iki di postinge tanggal piro toh?
BalasHapusselamat siang pak ari ...saya mahasiswa semeter akhir, saya juga mau pak rubrik ini ... saya sangat berharap bapak mau mengirimkan pdf ini ke email saya @tianihusna27@gmail.com . thankyu
BalasHapusTerima Kasih pak Ari atas rangkunman dari referensi yg telah di share di blog ini, saya sangat terbantu untuk bisa mendapatkan referensi untuk thesis saya ... Sekiranya ada file nya dalam bentuk pdf saya mohon ijin untuk mendapatkannya via email (nengkosmile@gmail.com) terimakasih 🙏
BalasHapus