Ari Julianto says:


You may copy and share the contents in my blog, but please cite my blog address as your reference. I only accept the comments that relate to the postings in this blog. For private and personal issues, you may contact me at
mr.ari69@gmail.com

Sekilas Pemahaman Isi Skripsi/Thesis

Sekilas Pemahaman Isi Skripsi/Thesis
 

                       Written by Ari JuliantoBAB I PENDAHULUAN
(CHAPTER I INTRODUCATION)
1.1. Latar Belakang (Background of Study)

Pada bagian ini diuraikan hal yang menjadi latar belakang penelitian dilakukan. Uraian dimulai dari hal-hal secara umum yang menjadi latar belakang sesuai dengan topik penelitian, kemudian mengerucut kepada hal-hal secara khusus, jika topik penelitian adalah pada perusahaan, maka diuraikan secara khusus kondisi, fakta, dan fenomena yang ditemui di perusahaan yang menyangkut kepada topik penelitian.

Fenomena yang dimaksud disini adalah gejala-gejala yang yang mengarah kepada perumusan masalah. Disini juga memuat tentang mengapa sebuah kejadian/gejala itu dianggap masalah dan mengapa penting diteliti, dan apa dampaknya apabila masalah ini dibiarkan, apakah mengancam, mengganggu, menghambat dan menyulitkan sehingga menimbulkan kesenjangan. Termasuk implikasi masalah terhadap berbagai aspek. Juga diuraikan bagaimana masalah tersebut seharusnya dipecahkan (pendekatan pemecahan masalah), untuk apa masalah ini dipecahkan dan diteliti dan apa manfaat hasil penelitian ini bagi kehidupan prakis dan perkembangan ilmu pengetahuan.

1.2. Identifikasi Masalah (Problem Identification)

Dalam bagian ini,mula-mula kemukakan semua faktor atau variabel yang teridentifikasi sebagai masalah yang menyebabkan terjadinya suatu masalah utama berdasarkan referensi (literatur) atau hasil penelitian tertentu. Sudah tentu banyak faktor penyebab yang merupakan masalah dan menyebabkan masalah lain, tetapi yang diidentifikasi adalah faktor-faktor dan masalah masalah yang terjangkau dan dikuasai peneliti saja.

1.3. Perumusan Masalah (Problem Formulation)
Pada bagian ini diuraikan perumusan masalah yang terjadi pada objek penelitian yang perlu dicari solusi pemecahannya. Masalah yang diuraikan disini adalah pertanyaan penelitian yang nantinya akan dicari jawaban ataupun solusi pemecahannya. Perumusan masalah harus berkorelasi dengan fenomena-fenomena yang diungkapkan pada bagian latar belakang, untuk menyakinkan bahwa identifikasi kepada masalah sesungguhnya, sehingga pertanyaan penelitian mengarah kepada usaha mencari jawaban/solusi untuk pemecahkan masalah. Dirumuskan dalam kalimat tanya (?) yang padat dan jelas. Juga memberikan petunjuk tentang kemungkinan pengumpulan data guna menjawab pertanyaan dalam rumusan tersebut.

1.4. Pembatasan Masalah (Scope and Limitation)

Apabila semua faktor yang menyebabkan terjadinya masalah tersebut sudah teridentifikasi (terdeteksi), kemudian pilihlah beberapa faktor yang terjangkau oleh kemampuan ilmu peneliti dan menarik untuk diteliti dan tahap inilah yang disebut tahap pembatasan masalah. Pada bagian ini diuraikan pembatasan masalah yang dilakukan agar ruang lingkup dari penelitian menjadi jelas, pembahasannya maupun tidak pengujiannya tidak melebar kemana-mana dan dapat mencapai tujuan dari penelitian dalam keterbatasan waktu dan sumber daya. Pada bagian ini juga perlu disebutkan asumsi-asumsi yang digunakan didalam penelitian kalau ada.

1.5. Tujuan dan Manfaat Penelitian (Significance of Study)
Pada bagian ini diuraikan hasil akhir/jawaban yang ingin diperoleh dari penelitian yang dilakukan atas pertanyaan penelitian yang diungkapkan pada bagian identifikasi masalah. Tujuan penelitian tergantung pada njenis penelitian dan masalah yang akan diteliti. Oleh sebab itu, tujuan penelitian harus konsisten dengan masalah yang telah dirumuskan. Pada bagian ini juga diuraikan manfaat penelitian bagi ilmiah, yaitu untuk memberi sumbangsih terhadap perkembangan ilmu pengetahuan yang ada relevansinya dengan bidang ilmu yang sedang dipelajari. Kemudian manfaat praktis, yaitu kegunaan penelitian bagi dunia praktis dilapangan.

1.5. Sistematika Penulisan (Organizasion of Study)
Pada bagian diuraikan sistematika penulisan yang akan dilakukan, terutama pembagian penulisan terdiri atas berapa Bab, dan uraian ringkas tentang masing-masing Bab, sampai kepada kesimpulan dan saran. Penulisan pada bagian ini hendaknya dituliskan secara narasi.

BAB II KAJIAN PUSTAKA
(CHAPTER II Review of Literature)

2.1 Kerangka Konsep (Conceptual Framework)
Dalam bab ini diuraikan sejumlah konsep, pengertian, penjelasan, jenis, faktor, dimensi, indikator, unsur, ciri-ciri, langkah-langkah, aturan, hukum, perundang-undangan, teori,dalil yang ada hubungannya dengan variabel yang diteliti berdasarkan referensi kepustakaan yang mendukung. Kutipan kajian pustaka bisa dikutipsecara utuh atau hasil dari kristalisasi penulis.

2.2. Kerangka Pemikiran (Theoretical Framework)
Kerangka pemikiran adalah konstruksi berfikir yang bersifat logis dengan argumentasi yang konsisten dengan pengetahuan sebelumnya yang telah berhasil disusun.

2.3.Kajian Terkait (Related Study)
Disamping itu dalam bagian ini juga berisi hasil kajian empirik dari hasil-hasil penelitian terdahulu yang relevan untuk disintesiskan dengan teori-teori yang ada. Hindari teori-teori dan hasil-hasil penelitian yang berkontribusi kecil.

BAB III METODOLOGI PENELITIAN
(CHAPTER III METHODOLOGY)

Pada bagian ini dijelaskan
- Jenis penelitian yang akan dilakukan
- Metode pendekatan yang digunakan sebagai cara untuk melakukan penelitian,
- Metode pengumpulan data
- Objek penelitian atau populasi serta sample
- Metode analisis dan perancangan
- Metode pengujian
- Sumber Data
- Alat Pengumpulan Data
- Teknik Pengumpulan data
- Teknik Analisis Data

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
(CHAPTER IV RESEACH RESULTS AND DISCUSSIONS)

4.1 Hasil Penelitian (RESEARCH RESULTS)
Bagian ini merupakan tahap reduksi data, yaitu proses memfokuskan dan mengabstraksikan data menjadi informasi yang bermakna. Dalam bagian ini dikemukakan juga gambaran menyeluruh tentang objek yang diteliti termasuk potensi dan aspek-aspek yang dapat mengakses terhadap pemecahan masalah yang akan dikaji. Bila yang dikaji masalah-masalah manajemen, maka yang  ada kaitannya dengan maanajemen saja, dan yang bisa dikendalikan oleh ilmu manajemen saja. Disini juga diuraikan variabel yang diteliti dengan menguraikan deskripsi objek/ gambaran setiap variabel yang diteliti, dan sajikan data dalam bentuk tabel, matrik, diagram atau bentuk lain dan bunyikan data tersebut dalam bentuk naratif.

4.2 Pembahasan (Discussions)
Dalam bagian ini berisi pembahasan hasil penelitian baik secara teoritis maupun empiris, yang kemudian diikaitkan dengan hasil penelitian terdahulu untuk mencari konvergensi dan divergensinya. Apakah hasil penelitian tersebut mendukung keberlakuan suatu teori, memodifikasi, atau bahkan menggugurkan teori.

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
(CHAPTER V CONCLUSSIONS AND SUGGESTIONS)
5.1 Kesimpulan (Conclusions)

Dalam bagian ini harus menjawab terhadap masalah yang dirumuskan. Selain itu harus konsisten dengan masalah yang dirumuskan dan yang ingin dijawab, tujuan dan keguanaan penelitian, hipotesis, hasil penelitian dan pembahasan. Kesimpulan penelitian bukan ringkasan atau inti sari tetapi merupakan kaitan logis dari konsep berpikir deduktif ke arah generalisasi.

5.2. Saran-saran (Suggestions)
Bagian ini merupakan resep dalam rangka pemecahan masalah. Oleh sebab itu, saran-saran menggambarkan kegunaan praktis dari implikasi hasil penelitian. Selain itu, bagian ini merupakan implikasi dari kesimpulan yang harus dapat dioperasionalkan dalam kehidupan praktis, nyata dan bukan angan-angan atau khayalan. Bagian ini diuraikan secara praktis bersumber dari indikator yang diteliti, bukan di luar hasil penelitian dan harus didasarkan pada kesimpulan. Di akhir uraian disebutkan juga kontribusi untuk memberi kesempatan pada peneliti lain yang akan mengungkapkan secara mendalam.

Note: Setiap kampus memiliki kebijakan tersendiri untuk susunan isi skripsi/thesis di setiap bab. Ada beberapa bagian sub-bab yang tidak dipakai yang di kampus lain umumnya dipakai atau sebaliknya muncul sub-bab yang baru.

Demikianlah pembahasan kali ini. Semoga bermanfaat. Amin.

3 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...