Ari Julianto says:


You may copy and share the contents in my blog, but please cite my blog address as your reference. I only accept the comments that relate to the postings in this blog. For private and personal issues, you may contact me at
mr.ari69@gmail.com

Hakikat Skripsi

Hakikat Skripsi

Written by Ari Julianto


Perguruan Tinggi adalah bagian dari sistem pendidikan nasional Indonesia dan merupakan lembaga pendidikan formal yang mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) dari level Sekolah
Menengah Umum menuju Pendidikan Tinggi dengan tingkat kemampuan analisis dan pemahaman yang lebih tinggi dari sebelumnya. Perguruan Tinggi menentukan salah satu standar kelulusan mahasiswa untuk memperoleh gelar Strata 1 (S1) adalah dalam bentuk penyusunan tugas akhir atau skripsi.

Tujuan penulisan skripsi tersebut adalah sebagai sarana pelatihan bagi mahasiswa dalam menulis karya ilmiah dengan mengikuti metode penelitian yang benar dan kaidah tata bahasa penulisan ilmiah..

Secara umum, Skripsi didefinisikan sebagai penulisan karya ilmiah berisi hasil studi literatur, studi kasus, studi perbandingan, hasil percobaan yang dilaksanakan baik di laboratorium maupun dilapangan yang disusun secara sistematis berdasarkan ketentuan metode penelitian ilmiah.

Secara khusus Skripsi dapat diartikan sebagai karya tulis yang disusun oleh seorang mahasiswa yang telah menyelesaikan jumlah Sistem Kredit semester (SKS) yang disyaratkan, dengan dibimbing oleh dosen pembimbing, sebagai salah satu persyaratan untuk mencapai gelar pendidikan Strata 1 (S1) atau Sarjana.

Penulisan skripsi ini dimaksudkan sebagai pelatihan bagi mahasiswa untuk menuangkan gagasannya dalam bentuk sebuah karya ilmiah.

Tujuan penulisan skripsi adalah
1. Agar mahasiswa membuktikan kemampuannya dalam menghasilkan suatu sumbangan mandiri dengan menerapkan ilmu yang telah dimilikinya dari kuliah-kuliah, praktikum, kerja praktek/magang dan kegiatan lainnya.
2. Untuk menilai kemampuan mahasiswa dalam memecahkan masalah secara ilmiah atas topik atau pokok bahasan yang sesuai dengan aturan program studi masingmasing.
3. Untuk menilai keterampilan dan kemampuan mahasiswa dalam menerapkan metode penelitian secara benar.
4. Untuk menilai kemampuan mahasiswa dalam melakukan penalaran secara logis.
5. Dapat menuangkan penalaran logis secara sistematis dan terstruktur.

Isi dari penulisan skripsi diharapkan memenuhi aspek-aspek
1. Relevan dengan jurusan dari mahasiswa yang bersangkutan.
2. Mempunyai pokok permasalahan yang jelas.
3. Masalah dibatasi, sesempit mungkin.

Dalam penulisan skripsi atau tugas akhir tersebut, mahasiswa harus mampu mentaati norma-norma akademik sebagai berikut:
1. Keaslian
Yaitu mahasiswa dapat menghargai hasil kerja diri sendiri sehingga mahasiswa mampu menghargai hak cipta secara umum.

2. Keterpaduan
Yaitu mahasiswa mampu memahami keterpaduan materi-materi kuliah sesuai dengan kurikulum pendidikan yang diperoleh.

3. Kedalaman
yaitu mahasiswa memiliki keahlian dalam suatu bidang keilmuan yang dimilikinya.

4. Kemanfaatan
Yaitu mahasiswa dapat memberikan kontribusi teoritis ataupun praktis baik pada bidang ilmu yang ditekuni ataupun bagi masyarakat yang lebih luas.

Semoga pembahasan kali ini bermanfaat bagi kita semua. Amien.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...