Ari Julianto says:


You may copy and share the contents in my blog, but please cite my blog address as your reference. I only accept the comments that relate to the postings in this blog. For private and personal issues, you may contact me at
mr.ari69@gmail.com

Teknik Presentase Proposal Skripsi/Thesis

    Written by Ari Julianto


Dalam sidang seminar porposal S1, presentase proposal meminta masukan dari para dosen yang hadir khususnya Dosen Pembimbing I dan II dan juga beberapa audiens atau rekan sejawat lainnya sebelum penelitian tersebut dilakukan.Ringkasnya, presentasi hasil penelitian atau seminar hasil penelitian merupakan bentuk penyampaian hasil penelitian secara verbal atau audio visual dengan tujuan untuk meminta masukan agar hasil penelitian tersebut dapat lebih sempurna.

Teknik presentasi merupakan keahlian yang harus dimiliki oleh seorang peneliti atau mahasiswa. Dalam postingan kali ini saya mencoba membantu para mahasiswa untuk mempersiapkan diri sebelum penyajian presentasee proposal di seminar. Menyajikan presentasi proposal tidak jauh berbeda dengan menyampaikan pendapat di muka umum atau dalam kata lain, kita menguasai salah satu teknik komunikasi massa.

1. Tahap Persiapan
Dalam tahap persiapan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain:

a. Persiapkan Mental
Berbicara di muka umum memerlukan kesiapan mental tersendiri. Rasa gugup bisa membuyarkan konnsentrasi. Perbanyaklah latihan menyampaikan pendapat di muka umum baik di kelas, di rumah atau di depan teman-teman.

b. Miliki Fisik yang Sehat
Menjaga kesehatan fisik merupakan keharusan sebelum presentase. Fisik yang sehat akan membuat pembicara dapat berkonsentrasi lebih baik saat presentasi maupun menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan.

c. Mengetahui Lokasi Presentasi
Pengaturan tata letak ruangan pun perlu diketahui. Di mana tempat pembicara, podium, duduk, atau berdiri, apakah ada moderator, dan bagaimana posisi audiens.

d. Periksa Peralatan dan Fasilitas
cara penggunaan fasilitas yang sudah disediakan  perlu dipelajari agar bisa digunakan optimal dan tidak membuang waktu mempelajarinya terlebih dahulu saat presentasi telah berlangsung.

e. Mengetahui Tujuan Presentasi
Mengetahui tujuan presentasi dan siapa audiens kita akan membuat presentasi lebih mengarah tepat sasaran. Presentasi hasil penelitian merupakan presentasi informatif yakni untuk memberikan informasi kepada orang lain.

f. Mengetahui Siapa Peserta atau Audiens
Materi presentasi juga dibuat sesuai dengan tujuan presentasi dan audiens kita. Presentasi bukan hanya untuk menunjukkan apa yang telah kita lakukan tetapi bagaimana apa yang telah kita lakukan ini mendapat masukan dari audiens dan bermanfaat untuk mereka.

g. Persiapkan Materi dengan Cermat
Materi presentasi juga dibuat sesuai dengan tujuan presentasi dan audiens kita. Presentasi bukan hanya untuk menunjukkan apa yang telah kita lakukan tetapi bagaimana apa yang telah kita lakukan ini mendapat masukan dari audiens dan bermanfaat untuk mereka. Dalam mempersiapkan materi ini, gunakan media-media yang membuat presentasi ini menjadi menarik. Microsoft Power Point sudah biasa digunakan untuk membuat materi presentasi yang menarik.

h. Fokuskan Slide Presentasi
Mengingat waktu presentasi yang terbatas, umumnya jumlah slide yang dapat ditayangkan dalam waktu 15 hingga 20 menit adalah sekitar 7 slide. Slide yang baik justru tidak akan membuat penyaji membaca isi slide tersebut tetapi justru akan membuat audiens tertarik dan terfokus perhatiannya pada isi slide tersebut. Pilihlah warna slide yang sejuk dan tidak menyakitkan mata. Jika backgroundnya hitam, alangkah lebih baiknya tulisan dalam slide bewarna cerah seperti putih atau keemasan dan sebaliknya.

II. Tahap Pelaksanaan
Setelah memahami dan mempersiapkan tahap pertama, kemudian tibalah pada tahap kedua yakni pelaksanaan presentase. Prosesnya adalah sebagai berikut.

1. Dalam posisi berdiri tegak dan menatap ke seluruh audiens termasuk pada dosen,
2. Posisi tangan kiri memegang mic (jika dipergunakan) dan posisi tangan kanan untuk scroll down-up mouse tampilan Power Point,
3. Mulailah mengucapkan 'basmalah' (bagi yang Muslim),
4. Dilanjutkan dengan mengucapkan 'salam' (Assalamualaikum Wr Wb bagi Muslim atau Good Morning/afternoon bagi non Muslim),
5. Perkenalkan diri Anda: "First of all, allow me to introduce myself. My name is...."
6. Dilanjutkan dengan menyebutkan judul proposal Anda: "The title of my thesis proposal is...."
7. Dilanjutkan dengan memasuki Chapter I Introduction: "I would like to begin my presentation with Chapter I Introduction..."
8. Dalam tahap ini, alangkah lebih baiknya mata Anda terfokus pada layar tampilan,
9. Setelah selesai Chapter I Introduction kemudian dilanjutkan ke Chapter II Review of Literature: "Then, we go to the next chapter that is Chapter II Review of Literature..."
10. Mengingat sub chapter dalam Review of Literature banyak yang harus ditampilkan alangkah lebih baik dibuatkan outline dengan sedikit penjelasan,
11. Dilanjutkan dengan pembahasan Chapter III Method of Research (tergantung kenis risetnya) : "Finally, we go to the last chapter that is Method of Research..."
12. Mengingat waktu yang diberikan untuk presentase sangat terbatas, pada umumnya hanya Chapter I, II dan III saja yang disajikan,namun itu tergantung dari peraturan dan kebijakan fakultas masing-masing,
13. Mengakhiri presentase: "That's all the presentation of my thesis proposal. For your attention I would like to say thank you very much..."
14. Diakhiri dengan mengucapkan 'salam' (Assalamualaikum Wr Wb bagi Muslim).

Apa yang saya paparkan diatas merupakan satu contoh saja. Anda bisa meggunakan frase-frase yang lebih baik dan lebih tepat selain dari itu.
 
Untuk melatih dan memperdalam teknik presentase yang baik, berikut ini saya memberikan link download teknik presentase. Meski sebenarnya ditujukan untuk work presentase, tidak salahnya kita belajar dari buku ini.
- Bukunya dalam format PDF dapat didownload (8MB) DISINI
- Audionya (File 1) dalam format rar (21MB) dapat didownload  DISINI
- Audionya (File 2) dalam format rar (21MB) dapat didownload  DISINI

If you find the link error, you may contact me personally via email: mr.ari69@gmail.com
(Jika link ini tidak berlaku, silakan hubungi saya via email: mr.ari69@gmail.com)

Demikianlah pembahasan kita kali ini, semoga bermanfaat. Amin.

2 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...