Ari Julianto says:


You may copy and share the contents in my blog, but please cite my blog address as your reference. I only accept the comments that relate to the postings in this blog. For private and personal issues, you may contact me at
mr.ari69@gmail.com

Dua Buku Research yang Wajib Dimiliki

  Dua Buku Research yang Wajib Dimiliki

                                                     by Ari Julianto


Mencari sumber referensi, dalam hal ini buku, untuk penulisan skripsi memang harus jeli. Maksudnya, isi sumber referensi tersebut haruslah memenuhi segala kebutuhan mahasiswa/peneliti untuk dijadikan sebagai rujukan dalam sebuah riset.

Dari berbagai buku yang pernah saya baca, dua buku research yang kebetulan saya miliki dalam format ebook pdf menurut penilaian saya sangat cocok untuk dijadikan rujukan dalam penelitian mahasiswa. Berikut ini saya mencoba mengulas kedua buku tersebut.


1. Fundamental of Research Methodology by Yogesh Kumar Singh

Buku setebal 314 halaman ini berisikan metodologi penelitian beserta peran statistik. Kumar Singh merupakan dosen pendidikan dan peneliti di India. Buku ini membahas secara ringkas dan lengkap untuk penelitian sosial yang bisa dijadikan rujukan untuk segala disiplin ilmu termasuk pendidikan. Dalam buku ini dibahas antara lain Perception of Research, Assortment of a Problem , Appraise of Related Literature, Hypothesis, Research Planning and Sampling, sejumlah method (Survey, Historical, Philosophical, Experimental, Case Study dan Genetic), Design of Experiments, Tools of Research, Collection of Data, Analysis of Data, Research Report, Action Research, Organisation of Statistical Data, Measures of Central Tendency, Measures of Variability, dan Correlation. Dalam memberikan definisi, Kumar Singh tidak berfokus pada satu ahli saja, dia memaparkan definisi dari sejumlah ahli. Selain itu, buku ini juga memberikan sejumlah contoh berikut dengan rumus-rumus statistik. Buku ini terbitan New Age International (P) Ltd., Publishers.
 
Jika Anda tertarik, Anda bisa mendownloadnya DISINI.



2. Research Methodology Methods and Techniques by CR Kothari

Buku setebal 401 halaman ini berisikan metodologi penelitian beserta teknik dan metodenya. Kothari adalah seorang lektor di sebuah universitas di India. Tidak seperti Kumar Singh, Kothari berusaha memaparkan isi bukunya lebih mendalam. Misalnya, untuk  Meaning of Research, selain meaning, Kothari juga membahas tentang Objectives, Motivation, Types, Design, Approaches, process, dan Significance of Research. Di akhir setiap bab, buku ini menyajikan suatu kesimpulan (conclusion) yang dapat kita jadikan sebagai catatan kecil. Selain membahas research, buku ini juga memaparkan Sampling Design, Measurement and Scaling Techniques, Methods of Data Collection, Processing and Analysis of Data, Testing of Hypotheses, Chi-square Test, Analysis of Variance and Covariance, Multivariate Analysis Techniques, Interpretation and Report Writing, dan sebagai tambahan diberikan bab khusus yang membahas The Computer: Its Role in Research. Buku ini juga terbitan New Age International (P) Ltd., Publishers.

Jika Anda tertarik, Anda bisa mendownloadnya DISINI.

Demikianlah pembahasan kita kali ini. Semoga bermanfaat. Amin.

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...