Ari Julianto says:


You may copy and share the contents in my blog, but please cite my blog address as your reference. I only accept the comments that relate to the postings in this blog. For private and personal issues, you may contact me at
mr.ari69@gmail.com

Ragam Tugas Akademik dalam Bentuk Tulisan

Ragam Tugas Akademik dalam Bentuk Tulisan
 
Written by Ari Julianto


Selama masa pendidikan di perguruan tinggi, para mahasiswa dihadapkan dengan sejumlah tugas akademik dalam bentuk tulisan. Beragam tugas akademik ini tidak semua diterapkan, namun setidaknya para mahasiswa memahami perbedaan beagam jenis tugas akademik dalam bentuk tulisan. 

Menurut Salam Burhanuddin.dalam Cara Belajar yang Sukses di Perguruan Tinggi menyatakan bahwa sejumlah tugas akademik yang dihadapi mahasiswa di Perguruan tinggi dapat dibedakan antara lain:

1. Makalah (Inggris: Paper)
Pembahasannya difokuskan pada masalah tertentu yang biasanya berhubungan dengan suatu mata kuliah atau bidang spesialisasi tertentu.

2. Laporan (Inggris: Report)
Isinya terpusat pada hasil studi tentang sesuatu yaitu studi lapangan atau studi tentang suatu buku.

3. Tugas Akhir (Inggris: Terminal paper)
Semacam karya akademis yang pembahasannya didasarkan kepada studi kepustakaan. Biasanya disusun ketika akan mengakhiri suatu program tertentu seperti diploma atau dapat juga sebagai pengganti skripsi.

4. Kertas Kerja (Inggris: Work Paper)
Kertas kerja adalah karya tulis ilmiah yang bersifat lebih mendalam daripada makalah dengan menyajikan data di lapangan atau kepustakaan yang bersifat empiris dan objektif. Kertas kerja pada prinsipnya sama dengan makalah. Kertas kerja dibuat dengan analisis lebih dalam dan tajam. Kertas kerja ditulis untuk dipresentasikan pada seminar atau lokakarya yang biasanya dihadiri oleh ilmuwan. Pada ‘perhelatan ilmiah’ tersebut kertas kerja dijadikan acuan untuk tujuan tertentu. Bisa jadi, kertas kerja ‘dimentahkan’ karena lemah, baik dari susut analisis rasional, empiris, ketepatan masalah, analisis, kesimpulan, atau kemanfaatannya.

5. Karya Akademik
Yaitu suatu karya ilmiah yang membahas suatu masalah yang berdasarkan dari suatu hasil penelitian. Biasanya disusun sebagai salah satu syarat untuk mengikuti ujian sarjana muda atau sarjana. Karya akademik di Perguruan Tinggi dibedakan dalam 3 tingkatan, yaitu :

a. Karya akademik untuk S-1 disebut Skripsi.
Skripsi adalah karya tulis ilmiah akhir seorang mahasiswa dalam menyelesaikan program S-1. Skripsi tersebut adalah bukti emampuan akademik mahasiswa yang bersangkutan dalam penelitian yang berhubungan dengan masalah pendidikan sesuai dengan bidang studinya.

b. Karya akademik untuk S-2 disebut Tesis (Inggris: Thesis).
Tesis adalah karya ilmiah resmi akhir seorang mahasiswa dalam menyelesaikan program studi S-2. Tesis tersebut merupkan bukti kemampuan yang bersangkutan dalam penelitian pengembangan ilmu pada salah satu disiplin ilmu.

c. Karya akademik untuk S-3 disebut Disertasi (Inggris: Dissertation).
Disertasi adalah karya tulis ilmiah resmi akhir seorang mahasiswa dalam menyelesaikan program S-3 Disertasi tersebut merupakan bukti kemampuan yang bersangkutan dalam penelitian yang berhubungan dengan penemuan baru dalam salah satu disiplin ilmu.

Selain dari tugas-tugas akademik di atas, sebagai seorang guru atau calon guru, perlu juga mengetahui beberapa karya tulis keguruan lainnya seperti artikel ilmiah, diktat, modul ataupun karya terjemahan.

Melalui karya tulis inilah, guru atau calon guru dapat mengembangkan profesinya. Dimanfaatkan atau tidak pilihan tersebut akan sangat tergantung dari berbagai faktor seperti kemampuan, kemauan (motivasi), dan kesempatan. 

Semoga pembahasan kita kali ini bermanfaat. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...