Ari Julianto says:


You may copy and share the contents in my blog, but please cite my blog address as your reference. I only accept the comments that relate to the postings in this blog. For private and personal issues, you may contact me at
mr.ari69@gmail.com

Sambutan Penulis di Posting ke-100

My 100th Post

Written by Ari Julianto


Alhamdulillah, puji syukur kepada Allah SWT dimana tanpa disadari hari ini saya menulis dan memposting sudah yang ke-100. Artinya angka tersebut sudah saya capai dalam beberapa bulan sejak saya memulai menulis di blog ini akhir tahun 2012.

Semula saya berniat hanya sekedar iseng sebab sebagai seorang guru/dosen mantan jurnalis adalah suatu kewajiban bagi saya untuk terus menulis dan melakukan penelitian demi perkembangan dunia pendidikan. Namun, akhirnya saya memutuskan untuk serius dan fokus pada setiap posting yang saya terbitkan.

Memang saya akui dan kita lihat sendiri masih ada dan kebanyakan para guru/dosen enggan untuk menulis baik di media blog ataupun di jurnal pendidikan. Kontribusi seorang guru/dosen bukan hanya sekedar mengajar dan memberi ilmu dengan metode bertatap muka langsung, akan tetapi banyak media yang bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan dunia pendidikan.

Tercapainya posting ke-100 ini juga berkat peran para pembaca dan murid-murid saya yang telah dan terus membaca setiap posting yang saya tulis. Hasilnya, melalui dari email yang masuk banyak yang meminta pertolongan dari saya untuk membantu mereka menyusun skripsi. Adalah komitmen saya untuk menjawab dan membantu mereka.

Dari banyaknya email yang masuk saya juga belajar dan menganalisis kesulitan-kesulitan para mahasiswa dalam menyusun skripsi yang pada akhirnya saya membuat suatu kesimpulan. Kesimpulan tersebut adalah pentingya melibatkan setiap mata kuliah yang dimulai dari semester I hingga akhir ada dikaitkan dengan research. Misalnya mata kuliah writing, vocabulary, grammar, teaching, reading dan sebagainya diarahkan ke penulisan skripsi. Inilah yang belum dilakukan para teaching material designer lakukan sekarang ini. 


Kita tidak bisa menyalahkan siapa-siapa jika banyak mahasiswa tidak paham dengan methodology of research. Bukan saja mahasiswa S1 bahkan rekan-rekan saya yang S2 pun masih kesulitan untuk menyusun thesis.

Kita sadari ilmu semasa di bangku perkuliahan tidak bisa kita serap 100%. Ilmu yang diperoleh sedikit itu akan dikembangkan saat kita terjun langsung ke lapangan.

Satu hal lagi yang ingin saya imbau kepada rekan-rekan seprofesi sebagai dosen yang mendapat tugas jabatan sebagai dosen pembimbing agar mempelajari methodology of research. Dosen pengampu mata kuliah Bahasa Inggris tidak akan cukup hanya dengan bekal English Teaching Materials untuk menjadi seorang dosen pembimbing. Akan lebih baik jika dosen yang terlibat mendalami penelitian.

Akhirnya, saya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada mereka yang telah membaca setiap postingan saya, kepada mereka yang telah memberi komentar dan kepada mereka yang telah memberi masukan dan kritikan serta kepada mereka yang telah mengirimkan email kepada saya. Saya masih bukan siapa-siapa. Saya hanya seorang dosen yang dibayar honornya dengan rendah. Tetapi saya masih dalam proses pembelajaran dan akan terus belajar. Amin.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...