Ari Julianto says:


You may copy and share the contents in my blog, but please cite my blog address as your reference. I only accept the comments that relate to the postings in this blog. For private and personal issues, you may contact me at
mr.ari69@gmail.com

10 Tips Mengerjakan Skripsi

    10 Tips Mengerjakan Skripsi
 

                       Written by Ari Julianto   

Mengerjakan tugas akhir dalam bentuk skripsi atau thesis memang suatu hal yang sangat menguras tenaga, pikiran dan kantong kita. Namun, hendaknya kita tetap menjalaninya dengan perencanaan yang baik. Sampai saat ini saya belum pernah mendengar ada satu mahasiswa/i yang tidak lulus hanya karena kualitas skripsinya jelek. Yang terpenting adalah kita tetap menjalankan tugas akhir kita itu. Berikut saya mencoba menyajikan tips bagi mereka yang tengah mengerjakan skripsi. 

1. Pahamilah Permasalahan
Kenalilah permasalahan (problem of the study) skripsi Anda. Tidak mungkin Anda bisa lulus di meja hijau jika Anda sendiri tidak tahu apa permasalahan skripsi Anda. Permasalahan skripsi Anda akan terjawab di BAB V Conclusion and Suggestions.

2. Mengenali Jenis Riset
Sebagaimana kita ketahui ada sejumlah jenis riset. Kenalilah apa jenis riset Anda, apakah itu kualitatif, kuantitatif, experimental, correlational, contrastive dan sebagainya. Ini akan mengarahkan Anda kepada BAB IV Analysis and Findings.

3. Mengalokasikan Waktu
Lupakan sementara hal-hal yang tidak penting dalam hidup Anda selama mengerjakan skripsi ini. Misalnya, rencana pergi piknik, pulang kampung atau rencana pesta pernikahan (apalagi yang untuk nikah kedua kalinya). Kita tidak tahu apa rencana Tuhan. Namun, jika terpaksa, sisihkanlah waktu Anda untuk mengerjakan skripsi itu.

4. Menyiapkan Anggaran
Saya yakin sebagian besar mahasiswa/i telah mempersiapkan dana setahun sebelum ia mengerjakan skripsi baik dari dirinya sendiri maupun suntikan dana dari orang tua. Jangan mengeluarkan uang untuk hal-hal yang tidak perlu sebelum Anda diwisuda.

5. Melacak Sumber Referensi
Tidak mungkin Anda bisa mendapatkan bahan kajian khususnya untuk BAB II Review of Literature jika Anda tidak mempunyai sumber referensi. Jika Anda tidak berhasil mendapatkan bukunya di toko-toko buku, Anda bisa memanfaatkan Mr. Google, search dan download ebook dalam bentuk PDF.

6. Perubahan Tenses
Dalam skripsi FKIP Bahasa Inggris, tenses memegang peranan penting. Jika masih dalam bentuk proposal, tenses dalam BAB III Method of Research keseluruhannya harus dalam bentuk future tense sebab riset itu belum Anda lakukan. Tapi, jika sudah dilakukan maka tensesnya akan menjadi past tense.

7.Jeli Memilih Dosen Pembimbing
Selama perkuliahan kita memiliki beberapa dosen favourite yang sesuai dengan pilihan hati kita. Jadikanlah mereka sebagai dosen pembimbing Anda agar segalanya bisa lancar. Namun, pikirkan juga kualitas ilmu mereka.

8. Sering Bertanya dan Membaca
"Ini gimana....terus ngapain...apa lagi yang ditulis..cemana nyusunnya?" Itulah sejumlah pertanyaan yang sering dilontarkan para mahasiswa/i selama mengerjakan skripsi. Itu tidak salahmalah sebaliknya bisa melancarkan pemahaman Anda mengerjakan skripsi. Tentunya bertanya pada orang atau nara sumber yang tepat. Tak kalah pentingnya baca dan bacalah terus referensi dan isi skripsi Anda. Meski tidak sempurna namun setidaknya Anda memahami isinya.

9. Jangan Mengeluh
Berat memang tapi itulah yang harus Anda jalani. Suka atau tidak suka Anda harus menyelesaikannya. Jangan banyak mengeluh sebab itu akan mengurangi semangat Anda untuk mengakhiri tugas ini.

10.Berdoa
Berdoalah kepada Tuhan, Bila perlu Anda yang Muslim salat Tahajud tengah malam. Mohon diberi kelancaran, kesehatan, dan ketenangan selama mengerjakan skripsi ini.

Demikianlah tips selama mengerjakan skripsi. Semoga posting kali ini bermanfaat bagi kita semua. Amin.

8 komentar:

  1. mas ari,,. mohon post tentang langkah2 membuat sripsi b.inggris tentang novel ya,,. serta referensi novel apa yg bagus diangkat jd skripsi,atau gmn cara memilih novel tsb?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you, Mr. Fadli for your request.
      Insya Allah, dalam waktu dekat akan saya postingan kajian yang Anda inginkan. Good luck.

      Hapus
  2. nice sir ari actually i still have long way to go to make a script . But read your blog about how to make a script is very usefull. daniel wirawan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks a lot, Daniel.
      I hope someday you will visit again this blog. Good luck to you.

      Hapus
  3. Nice Info Jangan Lupa Kunjungi http://jasapembuatanskripsimurahsurabaya.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  4. terimakasih informasinya, semoga bermanfaat

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...