Ari Julianto says:


You may copy and share the contents in my blog, but please cite my blog address as your reference. I only accept the comments that relate to the postings in this blog. For private and personal issues, you may contact me at
mr.ari69@gmail.com

Penelitian Pengembangan/Development Research (2)

    Penelitian Pengembangan/Development Research 
                                              (2)
                                                  Written by Ari Julianto




B. Ciri Utama Penelitian dan Pengembangan
Borg and Gall (1983) menjelaskan empat ciri utama dalampenelitian dan pengembangan, yaitu:
1. Studying research findings pertinent to the product to be develop,
2. Developing the product base on this findings.
3. Field testing it in the setting where it will be used eventually,
4. Revising it to correct the deficiencies found in the field-testing stage.

Dari empat ciri utama R & D tersebut, memberikan gambaran bahwa ciri utama R & D adalah adanya langkah-langkah penelitian awal tekait dengan produk yang akan dikembangkan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut kemudian produk pendidikan dirancang dan dikembangkan untuk kemudian diuji dan diperbaiki/direvisi.

C.Komponen Utama Penelitian Pengembangan (DR)
Menurut Tim Puslitjaknov (2008), metode penelitian pengembangan memuat 3 komponen utama yaitu:
(1) Model pengembangan,
(2) Prosedur pengembangan,dan
(3) Uji coba produk.

D.Langkah-Langkah Penelitian dan Pengembangan (R & D)
Ada beberapa model penelitian pengembangan dalam bidang pendidikan. Disini hanya dikemukakan model Sugiyono dan model Borg and Gall.

1. Model Sugiyono
Menurut Sugiyono (2011), langkah-langkah penelitian dan pengembangan ada sepuluh langkah antara lain
(1) Potensi dan masalah,
(2) Pengumpulan data,
(3) Desain produk,
(4) Validasi desain,
(5) Revisi desain,
(6) Ujicoba produk,
(7) Revisi produk,
(8) Ujicoba pemakaian,
(9) Revisi produk, dan
(10) Produksi missal.

2. Model Borg and Gall
Menurut Borg dan Gall (1989), pendekatan R & D dalam pendidikan meliputi sepuluh langkah.
1. Research and Information Collecting,
2. Planning,
3. Develop Preliminary of Product
4. Preliminary Field Testing,
5. Main Product Revision,
6. Main Field Test,
7. Operational Product Revision,
8. Operational Field Testing,
9. Final Product Revision,
10. Dissemination and Implementation.

Demikianlah pembahasan kali ini. Semoga bermanfaat. Amin.

Referensi
Borg, Walter R., & Gall, M.D. 1983. Educational research: An introduction. New York & London: Longman.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Tim Puslitjaknov. 2008. Metode Penelitian Pengembangan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...