Ari Julianto says:


You may copy and share the contents in my blog, but please cite my blog address as your reference. I only accept the comments that relate to the postings in this blog. For private and personal issues, you may contact me at
mr.ari69@gmail.com

Belajar dari Skripsi/Thesis Lain



         Belajar dari Skripsi/Thesis Lain

                                                     Written by Ari Julianto






Memperbanyak membaca, menilai dan mengkaji isi skripsi atau thesis orang lain merupakan salah satu cara untuk mempersiapkan skripsi atau thesis Anda sebelum menulisnya Saya secara pribadi tidak melarang jika seorang mahasiswa mengcopy-paste beberapa alinea ke dalam skripsi atau thesisnya asalkan apa yang dia lakukan itu dapat ia pahami dan dipertanggung jawabkan dan bukan sembarang copy-paste saja.

Mengapa saya mengatakan demikian? Sebelum saya menjawab, mungkin beberapa pertanyaan ini bisa mengarah untuk jawabannya.

1. Apakah semua mahasiswa benar-benar memahami Metodologi Penelitian?
2. Apakah semua mahasiswa memiliki keterampilan menulis dalam Bahasa Indonesia dengan baik?
4. Apakah semua mahasiswa mampu menulis 1 paragraf dengan baik dan benar dalam Bahasa Inggris?
5. Apakah semua mahasiswa memiliki standard qualified English?

Jika ke-5 pertanyaan saya diatas cenderung 'Tidak' karena tidak mungkin 'ya' maka alasan saya sudah terjawab. Jadi, sah sah saja jika seorang mahasiswa melakukan copy-paste bahan yang dia butuhkan asalkan bukan menjadi plagiat.

Namun, ada beberapa tips yang harus diperhatikan bagi Anda untuk melakukan copy-paste bahan yang Anda cari, antara lain:
1. Carilah judul skripsi yang hampir sama dengan judul skripsi Anda,
2.  Bacalah abstract di halaman pertamanya sebab abstract merupakan perwakilan dan seluruh isi skripsi.Apakah sama?
3. Perhatikan identification of the problem, problems of the study, scope and limitation. Apakah sama?
4. Pelajarilah outline di Chapter II Review of Literature sebab itu sangat membantu Anda untuk menyusun teori-teori dan kajian di Chapter II,
5. Perhatikan jenis risetnya. Apakah sama?
6. Cocokan kutipan para ahli (quotations) dengan reference atau  bibliography di akhir skripsi. Apakah sudah sesuai? Usahakan Anda juga memiliki referensinya juga.
7. Perhatikan rumus-rumus yang dipakai apakah sudah sesuai?
8. Jadikan skripsi yang Anda pegang itu sebagai bagian referensi Anda juga.

Jadi, cara mengcopy-paste bahan-bahan dari skripsi lain menurut saya sah sah saja asalakan seperti yang saya sebutkan di atas Anda dapat memahami dan bertanggung jawab terhadap isinya. Akhir kata, perbanyaklah membaca skripsi atau thesis orang lain. Pelajari dan teliti dengan seksama. Bandingkan yang satu dengan yang lain. Insya Allah ini akan mempermudah Anda memahami isi skripsi atau thesis yang sedang Anda jalani.

Demikianlah posting saya kali ini. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Amien.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...