Ari Julianto says:


You may copy and share the contents in my blog, but please cite my blog address as your reference. I only accept the comments that relate to the postings in this blog. For private and personal issues, you may contact me at
mr.ari69@gmail.com

Model Penilaian Menulis (Writing Assessment Models)



Model Penilaian Menulis (Writing Assessment Models)

                                                 Written by Ari Julianto


Mengenai hakikat menulis, Hyland (2003) mengatakan bahwa menulis adalah cara menyampaikan, mengungkapkan perasaan dan berbagi pengalaman penulis kepada pembaca dengan menggunakan bahasa tulis.  Sejalan dengan itu, Reid (1987) mengatakan menulis adalah suatu proses untuk mengungkapkan ide, pikiran dan perasaan atau pengalaman penulis dengan menggunakan sistem yang konvensional sehingga pembaca memahami pesan yang dikirim. Sedangkan penilaian (assessment) merujuk pada berbagai cara yang digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang kemampuan dan hasil belajar yang telah dicapai.

Dalam kaitannya dengan metode penilaian, Brown (2007) menguraikan ada tiga cara utama  dalam penilaian menulis yaitu
1. secara holistic (holistic scoring),
2. analytic scoring method, dan
3. triat based scoring method
Namun dia mengajukan pada hakikatnya ada dua metode utama dalam penilaian sebuah tulisan yang biasa digunakan oleh penilai yaitu metode analytic dan holistic.

Glass (2005) menguraikan ada lima komponen yang harus dinilai dalam sebuah tulisan. Kelima komponen tersebut adalah
1. idea atau contents,
2. organization,
3. word choice,
4. sentence fluency, dan
5. conventions. 
Selain itu, setiap bobot memiliki gradasi dan kualitas penilaian atau kategori seperti misalnya excellent to very good, good to average, fair to poor, dan inadequate.

 Heaton (1989) juga menilai lima komponen menulis dengan istilah
1.isi,
2.organisasi,
3.kosa kata,
4.tatabahasa, dan
5.mekanik. 
Kelima komponen tersebut diberi nilai maksimal masing-masing 30 untuk isi, 20 untuk organisasi,kosa kata 20, tata bahasa 25, dan mekanik 5. Perbedaan skor maksimal untuk setiap aspek atau komponen menulis tergantung pada bobot, peranan, dan kontribusinya dalam menulis secara keseluruhan.

Ketiga model penilaian menulis tersebut secara lengkapnya sebagai berikut:

I. Model Penilaian Menulis Menurut Brown

1. Komponen Penilian: Isi
Deskripsi: Pernyataan thesis, ide-ide terkait, pengembangan  ide-ide melalui pengalaman, ilustrasi, fakta, pendapat; penggunaan deskripsi, sebab akibat, perbandingan dan konsistensi fokus.
Skala Penilaian: 0 – 24

2. Komponen Penilian:organisasi
Deskripsi:Efektivitas pendahuluan, urutan ide yang logis dan kronologis, kesesuaian dan kesimpulan.
Skala Penilaian:0 – 20

3. Komponen Penilian:Sintaksis
Deskripsi:Bagaimana kata-kata disusun menjadi kalimat.
Skala Penilaian:0 – 12

4.  Komponen Penilian:Kosa kata
Deskripsi:Pemilihan kata-kata yang tepat untuk mengembangkan dan menunjukkan ide.
Skala Penilaian:0 – 12

5.  Komponen Penilian:Mekanik

Deskripsi:Ejaan, tanda baca, kutipan referensi bila ada, kerapihan dan perwajahan atau penampilan
Skala Penilaian:0 – 12

II. Model Penilaian Menulis Menurut  Glass
1. Komponen Penilian:Ide dan Isi
Deskripsi:Ide, topik atau tema, focus,fakta dan ilustrasi tulisan.
Skor 5
Satu ide yang jelas, fokus dan sesuai topik
Semua detail konkret dan spesifik untuk mendukung ide.
Banyak detail yang menarik dan asli untuk mendukung ide.
Semua bagian-bagian terintegrasi dan sesuai.

Skor 4
Satu ide yang jelas, fokus dan sesuai topik
Adanya detail yang konkret dan spesifik
Detail yang menarik untuk mendukung ide
Semua bagian-bagian terintegrasi dan sesuai

Skor 3
Secara umum sesuai topik dan mengembangkan tema atau pesan yang jelas
Beberapa konkret dan detail, dan beberap masih bersifat umum
Beberapa detail pendukung bersifat prediksi dan sebagian bersifat umum
Mungkin ada bagian yang kurang sesuai

Skor 2
Banyak teks bersifat mengulang dan seperti kumpulan ide yang tidak berhubungan
Kurang detail khusus dan banyak yang umum
Detail yang bersifat prediksi dan sketchy

Skor 1
Tidak fokus, benar-benar keluar dari ide, hal yang tidak teridentifikasi, panjang dan tidak cukup dikembangkan
Detail tidak konsisten, tidak jelas, atau trivial

2. Komponen Penilian: Organisasi
Deskripsi:Struktur fisik, atau rhetorical structure, urutan kronologis, koherensi, kesimpulandan layout tulisan
Skor 5
Pembukaan jelas dan menarik pembaca
Susunan paragraph, kalimat topik,  jelas dan konsisten, pendukung yang relevan, dan kalimat kesimpulan yang jelas. Urutan yang logis dan efektif.
Penggunaan transisi yang yang konsisten, tepat, dan sesuai.

Skor 4
Pembukaan menarik pembaca
Setiap paragraf dienden denan konsisten
Sebagian besar ide berhubungan secara logis
Akhir yang efektif
Penggunaan transisi yang sesuai

Skor 3
Pembukaan yang efektif tetapi tidak menciptakan sense yang kuat
Semua bagian paragraf biasanya benar, kecuali satu dua yang tidak sesuai
Mencoba menggunakan hubungan yang logis
Mencoba menggunakan akhir yang efektif
Beberapa transisi masih ada yang kurang sesuai

Skor 2
Pembukaan yang lemah
Struktur paragraf cenderung kurang sesuai seperti indensi
Keterhubungan yang kurang logis
Akhir yang lemah
Hanya sedikit penggunaan transisi yang benar

Skor 1
Awal yang tidak jelas
Kurangnya pengorganisasian secara umum
Urutan dan detail tidak beraturan
Akhir yang tidak sesuai
Tidak menggunakan transisi

3. Komponen Penilian:Kosa Kata

Deskripsi:Variasi dan jenis kalimat, efesiensi dan efektivitas kalimat
Skor 5
Semua ditulis dengan kalimat lengkap tidak ada run-on
Menggunakan variasi kalimat secara konsisten (complex, compound, dan simple)
Menggunakan varaisi kalimat awal yang konsisten, bertujuan dan kreatif
Menggunakan konsisten, sesuai, dan shopisticated transisi antar kalimat

Skor 4
Mungkin ada satu fragment dan run-on
Biasanya variasi tipe-tipe kalimat
Sebagian besar kalimat memiliki awal yang bervariasi
Menggunakan transisi yang sesuai

Skor 3
Mungkin ada dua fragment dan run on
Kadang-kadang menggunakan kalimat yang bervariasi
Beberapa variasi pada bagaian awal kalimat
Beberapa menggunakan transisi yang benar

Skor 2
Tulisan memilik banyak  fragment dan run-on
Hanya menggunakan kalimat simple dan compound
Sedikit variasi di awal kalimat
Sedikit menggunakan transisi yang sesuai

Skor 1
Tidak ada sense penggunakan tanda baca dan kalimat
Hanya kalimat simple dan fragments
Semua kalimat memiliki awal yang sama
Transisis hampir tidak ada

4. Komponen Penilian:Kalimat
Deskripsi:Variasi dan jenis kalimat, efesiensi dan efektivitas kalimat.
Skor 5
Semua ditulis dengan kalimat lengkap tidak ada run-on
Menggunakan variasi kalimat secara konsisten (complex, compound, dan simple)
Menggunakan varaisi kalimat awal yang konsisten, bertujuan dan kreatif
Menggunakan konsisten, sesuai, dan shopisticated transisi antar kalimat

Skor 4
Mungkin ada satu fragment dan run-on
Biasanya variasi tipe-tipe kalimat
Sebagian besar kalimat memiliki awal yang bervariasi
Menggunakan transisi yang sesuai

Skor 3
Mungkin ada dua fragment dan run on
Kadang-kadang menggunakan kalimat yang bervariasi
Beberapa variasi pada bagaian awal kalimat
Beberapa menggunakan transisi yang benar

Skor 2
Tulisan memilik banyak  fragment dan run-on
Hanya menggunakan kalimat simple dan compound
Sedikit variasi di awal kalimat
Sedikit menggunakan transisi yang sesuai

Skor 1
Tidak ada sense penggunakan tanda baca dan kalimat
Hanya kalimat simple dan fragments
Semua kalimat memiliki awal yang sama
Transisis hampir tidak ada

5. Komponen Penilian:Konvensi
Deskripsi:Ejaan, tanda baca, kutipan referensi bila ada, konvensi dan kebersihan dan kerapian.
Skor 5
Pengejaan yang benar walaupun kata yang sulit
Tanda baca yang akurat, kreatif dan membimbing pembaca
Pemahaman yang lengkap dan penerapan yang konsisten tentang kapitalisasi Grammar dan usage benar dan berkontribusi pada kejelasan dan style 
Semua legible dan bersih.

Skor 4
Pengejaan secara umum benar
Tanca baca secara umum benar
Kapitaliasi secara umum benar
Grammar dan usage benar
Secara umum legible dan bersih

Skor 3
Beberap kata salah eja
Biasanya tanda baca benar
Kapitalisasi biasanya benar
Grammar dan usage biasanya benar
Tulisan agak legible dan paper agak bersih

Skor 2
Sering kesalahan dalam ejaan
Banyak tanda baca yang salah
Banyak kapitalisasi yang salah
Grammar dan usage sering salah
Tulisan yang ilegible membuat pembaca stumle dan messy

Skor 1
Tulisan terlalu sulti dibaca, dipahami dan diinterpretasikan karena banyak kesalahan spelling
Tanda baca tidak ada
Penggunaan kapitalisasi yang berulang
Grammar dan usage hampir salah semua
Illegible, beyond messy, pembaca tidak dapat decipher teks.

III. Model Penilaian Menulis Menurut  Heaton
1. Komponen Penilian:  Isi
Deskripsi:Ide, topik atau tema, focus, fakta dan ilustrasi tulisan.
Skala Skor:30 – 27
Kategori:Sempurna ke sangat baik
Kriteria:Penguasaan pengetahuan secara substansial

Skala Skor:26 – 22
Kategori:Baik ke rata-rata
Kriteria:Penguasaan beberapa pengetahuan yang memadai tentang substansi.

Skala Skor:21 – 17
Kategori:Cukup ke lemah/kurang
Kriteria:Penguasaan pengetahuan yang terbatas mengenai topik atau isi

Skala Skor:16 – 13
Kategori:Sangat kurang atau lemah
Kriteria:Penguasaan pengetauan tentang topik dan substansi sangat kurang.

2. Komponen Penilian: Organisasi
Deskripsi:Struktur fisik, atau rhetorical structure, urutan kronologis, koherensi, kesimpulan dan layout tulisan.
Skala Skor:20 – 18
Kategori:Sempurna ke sangat baik
Kriteria:Pengungkapan ide-ide secara jelas dan lancar dituliskan

Skala Skor:17 – 14
Kategori:Baik ke rata-rata
Kriteria:Agak kurang terorganisasi namun ide utama tetap fokus

Skala Skor:13 – 10
Kategori:Cukup ke lemah/kurang
Kriteria:Tidak lancar atau kadang-kadang ide membingungkan dan cenderung tidak nyambung

Skala Skor:9 – 7
Kategori:Sangat kurang atau lemah
Kriteria:Ide tidak terkomunikasi dan tidak bermakna- dan tidak terorganisir

3. Komponen Penilian: Kosa Kata
Deskripsi:Substansi kosa kata, pilihan kata, dan register.
Skala Skor:20 – 18
Kategori:Sempurna ke sangat baik
Kriteria:Penggunaan dan pemilihan kata/idiom/frase tepat, sesuai dan efektif

Skala Skor:17 – 14
Kategori:Baik ke rata-rata
Kriteria:Sekali-sekali muncul  kesalah bentuk kata /frase/idiom, pemilihan kata dan penggunaanya namun tidak mempengaruhi makna secara esensial

Skala Skor:13 – 10
Kategori:Cukup ke lemah/kurang
Kriteria:Sering kali muncul  kesalahan bentuk kata/frase/idiom  dan pilihan kata dan penggunaanya

Skala Skor:9 – 7
Kategori:Sangat kurang atau lemah
Kriteria:Pada prinsipnya cenderung bersifat menerjemahkan dan pilihan kata dan penggunaannya kurang memadai

4. Komponen Penilian: Tata Bahasa

Deskripsi:Variasi dan jenis kalimat, efesiensi dan efektivita.
Skala Skor:25 – 22
Kategori:Sempurna ke sangat baik
Kriteria:Penggunaan kalimat kompleks yang benar dan efektif

Skala Skor:21 – 19
Kategori:Baik ke rata-rata
Kriteria:Efektif penggunaanya namun konstruksinya cenderung sederhana

Skala Skor:18 – 11
Kategori:Cukup ke lemah/kurang
Kriteria:Ada banyak masalah dalam konstruksi kalimat

Skala Skor:10 – 5
Kategori:Sangat kurang atau lemah
Kriteria:Penggunaan konstruksi kalimat benar-benar kurang sesuai

5. Komponen Penilian: Mekanik
Deskripsi:Ejaan, tanda baca, kutipan referensi bila ada, konvensi, kebersihan dan kerapian.
Skala Skor:5
Kategori:Sempurna ke sangat baik
Kriteria:Menguasai konvensi menulis, ejaan dan tanda baca, serta kapitalisasi dengan sangat baik

Skala Skor:4
Kategori:Baik ke rata-rata
Kriteria:Kadang-kadang terjadi kesalahan dalam penggunaan konvensi menulis, ejaan dan tanda baca serta kapitalisasi

Skala Skor:3
Kategori:Cukup ke lemah/kurang
Kriteria:Sering terjadi kesalahan dalam penggunaan konvensi menulis, ejaan dan tanda baca serta kapitalisasi

Skala Skor:2
Kategori:Sangat kurang atau lemah
Kriteria:Tidak ada penguasaan  konvensi menulis, dan banyak kesalah dalam ejaan dan tanda baca serta kapitalisasi


Semoga postingan kali ini bermanfaat bagi kita semua. Amien
 
Referensi
Brown, H. Douglas. 2007.Teaching by Principles: An Interactive Approch to Language Pedagogy. San Fransisco: Pearson Longman..

Glass, Kathy Tuchman.2005.Curriculum Design for Writing Instruction. California: Corwin Press.

Heaton, J.B. 1989. Writing English Language Test. New York: Longman Group UK.

Heaton,1989) dalam dalam  Tahrun. Model Pembelajaran Menulis Narasi Dalam Bahasa Inggris Bagi Siswa SMA Kelas X Palembang (Jakarta: Laporan Disertasi, 2010. 

Hyland, Ken. 2003. Second Language Writing. London: Cambridge University Press.

Reid. M. Joy. 1987. Teaching ESL Writing. Wyoming: Prentice Hall Regent.

48 komentar:

  1. artikel yg bagus pak.
    apakah sumber buku tersebut ada yg tersedia dalam bentuk file pdf pak?
    krn sulit sekali mendapatkan buku2 tsb di daerah saya.
    trims...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Din,
      Memang ini yang menjadi kendala bagi kita semua dalam pembelajaran. Media kertas (buku) sangat mahal dan sulit diperoleh, sementara ilmu terus megalami perkembangan bahkan Oxford English Dictionary sudah dihentikan untuk cetakan kertas. Alhamdulillah saya memiliki format PDF nya. Silakan kontak saya via email. Jika filenya besar, saya kesulitan untuk mem-uploadnya untuk Anda. Tapi solusi lain, saya akan berikan link download gratisnya untuk Anda. Trims kembali.

      Hapus
    2. Dear Pak Ari, selwmat malam, apakah bapak berkenan share pdf file ke saya juga? Saat ini saya sdg sangat membutuhkan, mohon bantuan utk dpt berbagi ke alamat email saya anitadarmawan.ad@gmail.com. terimakasih banyak sudah berkenan membantu

      Hapus
    3. artikel yang sangat bagus pak, informasinya juga mendukung banget pak. kalau boleh, bisakah saya mendapatkan referensi-referensi nya pak via email? silahkan kirim ke email saya eko.ragil06@gmail.com

      Hapus
  2. artikelnya sangat membantu, kalau boleh saya minta filenya pak. ini email saya indra.bunyani@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks a lot...silakan copy artikel saya....semuanya itu hasil rangkuman dari referensi yang dapat ditemukan di bawah artikel saya...

      Hapus
    2. salam Pak Ari...
      saya kemil wachidah, saya sangat senang karena bsa mendaptkan blog pak ari yang membahas tentang model assesment writing, saya ingin sekali mendaptkn refrensi2 dari buku yang ttertera di artikel pak ari seperti Glass, Kathy Tuchman.2005.Curriculum Design for Writing Instruction. California: Corwin Press dan Heaton, J.B. 1989. Writing English Language Test. New York: Longman Group UK. karena saya sedang menyelseikan tesis saya dan saya mohon bantuan pak ari untuk berkenan memberikan pdf nya jika ada.
      terimakasih

      Hapus
    3. Referensinya sudah saya lampirkan via email...good luck!!!

      Hapus
    4. Pak Ari saya ada tugas tentang Language Assessment. Saya sangat membutuhkan refernsi bahan dari Glass. Jika berkenan mohon bantuannya pak untuk mengirimkan pdf nya ke email saya

      Hapus
  3. pak Ari.. saya sangat terbantu dengan artikel ini.
    kl bapak berkenan, apa saya boleh minta referensi format pdfnya?
    kl bapak berkenan, mohon kirimkan ke (emailsaya.enna@yahoo.com)
    terimakasih pak

    BalasHapus
  4. Selamat pagi Pak Ari. bolehkah saya minta file buku yang jadi sumber referensi bapak? karna saya membutuhkannya untuk menulis proposal saya. jika bapak berkenan, bapak dapat mengirimkannya untuk saya ke email saya (anindita13610@yahoo.com). terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sialakan request via email saya...Insya Allah akan dikirim file atau link nya..

      Hapus
    2. Artikel ini sangat membantu Mohon di kirim pdf nya yaa pak trimakasih

      Hapus
  5. pak saya senang membaca artikel ini dan mohon kirim pdfnya ke email saya deviagastutik@gmsil.com
    krn ini lagi skripsi .. btuh smua buku tntg writing . trimakasih bapak ari

    BalasHapus
  6. saya sangat senang menemukan dan membaca artikel bapak ini karena saya sedang melakukan penelitian tugas akhir ttg writing. Bolehkah saya medapat pdf refrensi tsb?
    email : andriwife@gmail.com
    terimakasih byk pak Ari atas bantuannya

    BalasHapus
  7. Pak ari, artikel bapak bagus sekali, saya senang dan suka membacanya, bolehkah saya mintak file referense nya yg pdf pak,
    Email : rahmidamarbun@gmail.com
    Terimakasih bnyak pak ari, atas bantuannya.

    BalasHapus
  8. Silakan hubungi saya via email....Insya Allah akan diberikan filenya atau link yang bisa didownload.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. pak saya mau juga satu tapi apakah rubrik ini ada versi inggrisnya?

      Hapus
  9. pak bolehkah saya minta file ttg writing , soalnya sangat saya butuhkan untuk referensi thesis saya, thanks before.
    email : nia.bcf@gmail.com

    BalasHapus
  10. http://skripsi-fkip-inggris.blogspot.co.id/2013/11/model-penilaian-menulis-writing.html

    BalasHapus
  11. setahu saya untuk buku Brown hanya ada 5 aspek sja :
    Content, Organization, Vocabulary, Syntax, dan Mechanics

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Kara Yunie..... Anda benar... terselip satu teori pada Doughlas....Insya Allah akan saya edit. Thank you very much.

      Hapus
  12. Saya sedang mencari theory ttg writing assessment, alhamdulillah ketemu artikel bapa ini, sangat membantu.Kalau boleh saya mau minta pdf buku glass, keith utk kebutuhan skripsi saya. Email: ira_yuliani30@ymail.com. thanks a lot.

    BalasHapus
  13. Saya sedang mengerjakan proposal dan membutuhkan pdf dari Kathy Tuchman Glass dengan bukunya Curriculum Design for Writing Instruction, untuk writing assessment. Kalau boleh, saya meminta pdf nya. Terima kasih banyak Pak. Email saya aghniaamanahsaripriyadie@gmail.com

    BalasHapus
  14. Pak... terima Kasih artikelnya sangat membantu saya, saya ingin memeinta pdf yang glass boleh? Tapi saya tidak tahu email bapa? Email saya ini pak : lia980081@gmail.com .. terima kasih sebelumnya pak

    BalasHapus
  15. Saya sedang menyelesaikan skripsi saya pak, semoga bapak berkenan membantu :)

    BalasHapus
  16. Artikelnya sangat membantu pak, dalam tahap penyusunan skripsi...
    saya bisa minta PDF yang glass ka pak, sebagai bahan referensi
    ini E-Mail saya

    gtgayatri2@gmail.com

    BalasHapus
  17. Malam Pak Ari, kalau berkenan saya minta file pdf yang "Curriculum Design for Writing Instruction" karya Glass Pak buat bahan referensi skripsi saya. Saya lg menyusun skripsi bhs inggris dan hrs buat Analitycal Score Method nya Pak. Alamat E-mail saya: kurniawan.arsyaarif.arif@gmail.com

    Terima kasih Pak Ari sebelum dan sesudahnya.

    BalasHapus
  18. Assalamualaikum pak Ari,
    Saya mahasiswa bahasa inggris, sekarang sedang menyelesaikan skripsi saya. Jika bapak berkenan saya minta file pdf Kathy Tuchman Glass dengan bukunya Curriculum Design for Writing Instruction. Ini alamat email saya pak: rini.andriani241@gmail.com
    Mohon bantuannya pak. Terima kasih pak Ari.
    Wassalamualaikum.

    BalasHapus
  19. Dear Arif dan Rini, dengan sangat menyesal saya tidak bisa memberikan buku yang kalian cari dalam bentuk pdf...hingga kini saya masih hunting buku tersebut. Sedangkan saya hanya punya buku paper itupun copyan...demikian semoga sukses...

    BalasHapus
  20. Assalamu'alaikum Pak Ari..
    Terimakasih atas artikelnya yang sangat bermanfaat :-). Pak, bolehkah saya minta file dalam bentuk pdf nya untuk buku:
    Brown, H. Douglas. 2007.Teaching by Principles: An Interactive Approch to Language Pedagogy. San Fransisco: Pearson Longman.

    Glass, Kathy Tuchman.2005.Curriculum Design for Writing Instruction. California: Corwin Press.

    Heaton, J.B. 1989. Writing English Language Test. New York: Longman Group UK

    Jika diijinkan, bisa dikirimkan melalui email: ofah.munadz@gmail.com

    Thanks in advance pak..

    BalasHapus
  21. k bolehkah saya minta file ttg writing , soalnya sangat saya butuhkan untuk referensi thesis saya, thanks before.
    email : wulandarirafika1@gmail.com

    BalasHapus
  22. Wah sangat membantu sekali pak. Penjelasannya straight to the point tapi tetap jelas dan mudah dipahami :D. Saya boleh minta link download/filenya pak? Untuk buku-buku bentuk pdf Brown, Glass, dan Heaton. Terima kasih pak sebelumnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak bila diijinkan saya mau buku dalam bentuk filenya atau link nya
      Terimakasih sebelumnya

      Hapus
    2. Silakan contact my email
      mr.ari69@gmail.com

      Hapus
  23. Selamat siang Mas Ari, jika berkenan. Saya meminta file PDF untuk buku-buku refrensi diatas untuk skripsi saya. Semoga bisa membantu.

    nesadiant@gmail.com

    Matur nuwun

    BalasHapus
  24. Assalamualaikum pak ari.. Mohon maaf, saya juga ikut merepotkan berkenaan dengan referensi yg tertera jika di perbolehkan dan tidak memberatkan pak ari, saya ingin meminta softfile nya pak untuk kelengkapan referensi skripsi saya. Ini e-mail saya maeyanicha@gmail.com

    BalasHapus
  25. Terimakasih sebelum nya 🙏🙏🙏

    BalasHapus
  26. Terima Kasih k, artikel2 nya sangat membantu, izin copas ya k

    BalasHapus
  27. Pak saya boleh minta soft file referensi nya ga pak? Utk skripsi saya🙏
    Ini email saya, rahmatunnisa1996@gmail.com

    BalasHapus
  28. Assalamualaikum
    Pak saya mahasiswa semester akhir yang sedang membutuhkan referensi untuk menunjang skripsi saya..boleh kah saya minta soft file referensi nya ?
    Email saya : ariyanafitriani@gmail.com

    BalasHapus
  29. assalamualikum pak ari, saya mahasiswa semester akhir yang sedang membutuhkan referensi untuk skripsi saya. apabila pak ari berkenan boleh saya minta softfilenya ini pak ? terimakasih pak
    ini email saya : maulidifi@gmail.com

    BalasHapus
  30. assalamualaikum warahmatullahi wabarakhatu pak ari, saya mahasiswa asal luwuk banggai dan sekarang sya sedang menyelesaikan skripsi saya ,saya bersyukur menemukan blog bapak ,apa boleh saya minta filenya .ini email saya pak ibnu.umair3112@gmail.com

    BalasHapus
  31. Selamat siang Pak Ari, saya mahasiswa akhir yang sedang menulis thesis.saya sangat berharap bapak kirimkan pdf writing assessment ke email saya
    Ardiansyahrizki28126@gmail.com.

    BalasHapus
  32. Pak, iki di postinge tanggal piro toh?

    BalasHapus
  33. selamat siang pak ari ...saya mahasiswa semeter akhir, saya juga mau pak rubrik ini ... saya sangat berharap bapak mau mengirimkan pdf ini ke email saya @tianihusna27@gmail.com . thankyu

    BalasHapus
  34. Terima Kasih pak Ari atas rangkunman dari referensi yg telah di share di blog ini, saya sangat terbantu untuk bisa mendapatkan referensi untuk thesis saya ... Sekiranya ada file nya dalam bentuk pdf saya mohon ijin untuk mendapatkannya via email (nengkosmile@gmail.com) terimakasih 🙏

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...